Minggu, 16 Juni 2013

7 Langkah Cuci Tangan yang Benar



Menjaga kesehatan memang tidaklah mudah, maka mulailah dari hal yang terkecil terlebih dahulu, seperti halnya mencuci tangan. Mencuci tangan memang hal yang terkadang diremehkan oleh banyak orang. Masih banyak orang zaman sekarang yang makan menggunakan tangan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, dan sebelum melakukan aktivitas serta sehabis melakukan aktivitas. Mencuci tangan itu sangatlah penting, agar terhindar dari kuman-kuman penyakit yang akan menimbulkan suatu penyakit pada diri kita,
Tangan merupakan media penularan kuman-kuman penyakit. Hanya melalui tangan yang kotor, kuman penyakit dapat dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Maka dari itu cucilah tangan sebelum makan, seusai beraktivitas (aktivitas di toilet/BAB,BAK).
Mencuci tangan bukan hanya sekedar cuci tangan dengan membasuh telapak tangan, namun cuci tangan yang benar itu adalah mencuci tangan dengan membersihkan pada telapak tangan, punggung telapak tanagn, jari-jari tangan, sela-sela jari, pergelangan tangan, dan pada kuku-kuku jari tangan. Mencuci tangan yang baik menggunakan air yang mengalir.


7 Langkah cuci tangan yang benar, yaitu : 
  1. Basahi tangan dengan air mengalir dan teteskan/usapkan sabun secukupnya. Gosok kedua telapak tangan sampai ke ujung jari.
  2. Gosokkan juga telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri (atau sebaliknya), dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri.
  3. Gosok sela-sela jari tersebut (Lakukan sebaliknya).
  4. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lain dan saling mengunci.
  5. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  6. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan ke depan, ke belakang dan berputar. (Lakukan sebaliknya).
  7. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar (Lakukan pula untuk tangan kiri).

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar